yprsulteng.com

Sabtu, 26 Maret 2016

Puluhan Warga Watusampu Muntah Darah



 Berdasarkan data yang di himpun Yayasan Pendidikan Rakyat (YPR) Sulteng, sebanyak 20 orang warga kelurahan watusampu, kecamatan palu barat mengidap penyakit muntah darah, batuk darah dan sakit dada/paru-paru bahkan tiga diantaranya sampai meninggal dunia. Penyakit tersebut diduga diakibatkan karena polusi udara dari pekerjaan sejumalah perusahaan tambang galian C yang beroperasi diwilayah itu. Direktur YPR Sulteng Dedy Irawan mengungkapkan, dari hasil survey yang dilakukan terhadap tujuh perusahaan tambang yang beroperasi dikelurahan tersebut dan aktivitas pertambangan dilakukan berada persis dibawah wilayah pemunkiman warga terutama di wilayah watusampu Dusun III.

“Sejumlah warga banyak yang mengeluh dan mengatakan bahwa aktivitas tambang sudah hampir masuk di dapur mereka” ujar dedy, saat jumpa pers di kantor YPR yang beralamat di jalan Alam Raya, kecamatan palu barat, kamis (3/5).

Dedy melanjutkan,  aktivitas penambangan pasir, batu dan kerikil juga beroperasi tidak jauh dari badan sungai-sungai dan pantai teluk palu, sehingga tidak mengganggu konsentrasi keseimbangan lingkungan diwilayah pesisir dan dapat mengakibatkan aliran pinggiran sungai menjadi lebar. Hal ini sangat berdampak dengan perkebunan serta permukiman masyarakat sekitar serta penimbunan (reklamasi) yang dilakukan juga merusak ekosistem terumbu karang, dan vegatasi hutan mangrove,” tuturnya.

Melihat keadaan seperti itu, dedy mengaku kecewa dengan kebijakan pemerintah kota palu yang terkesan tidak peduli terhadap kehidupan masyarakat setempat yang setiap hari menghirup udara yang sudah terkontaminasi dengan debu-debu dari aktivitas pertambangan.

“walikota seharusnya sudah memikirkan dampak yang akan terjadi jika perusahaan tersebut diberi izin beroperasi, wsalikota juga seharusnya lebih peduli terhadap kehidupan masyarakat watusampu, kita tidak akan tahu apa yang akan terjadi dengan anak-anak disana,” pungkasnya.

1 komentar:

  1. aslamu alaikum wr wb..
    bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis
    dan berbagi kepada teman2 melalui tempat ini,
    sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga
    dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki,
    namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang,
    hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya,
    akhirnya saya menanggung hutang ke pelanggan-pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 600 juta ,
    saya sudah stress dan hampir bunuh diri anak saya 3 orang masih sekolah di smp / sma dan juga anak sememtarah kuliah,tapi suami saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anaka-naknya ditengah tagihan hutang yang menumpuk,
    demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue,
    ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman
    dan bercerita kepadanya, alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya.
    dulu katanya dia juga seperti saya setelah bergabung dengan K.H. Tambring Abdullah hidupnya kembali sukses,
    awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir
    dan melihat langsung hasilnya, `
    saya akhirnya bergabung dangan mengunjungi website di www.danainstan.xtgem.com semua petunjuk K.H. Tambring Abdullah saya ikuti dan hanya 1 hari astagfirullahallazim,
    alhamdulilah demi allah dan anak saya,
    akhirnya 5m yang saya minta benar benar ada di tangan saya,
    semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha,
    kini saya kembali sukses terimaksih K.H. Tambring Abdullah saya tidak akan melupakan jasa aki.
    jika teman teman berminat, yakin dan percaya insya allah,
    saya sudah buktikan demi allah silakan kunjungi website di www.danainstan.xtgem.com atau KLIK DISINI

















































































































    BalasHapus