yprsulteng.com

Minggu, 16 Oktober 2011

Perusda dorong pembangunan Palu Bay Park

PALU: Perusahaan Daerah Kota Palu melalui anak perusahaannya Palu Property Sejahtera mendorong pembangunan Teluk Palu sebagai Palu Bay Park atau pusat bisnis dan wisata.
Taufik Kamase, Kuasa Direksi Palu Property Sejahter, mengatakan untuk merealisasikan proyek tersebut, perusahaan akan mereklamasi Teluk Palu sekitar 200 meter dari bibir pantai dengan lebar 2 kilometer.
“Di areal lahan ini, nanti akan dibangun pusat bisnis, wisata dan pelayanan publik seperti rumah sakit internasional yang terjangkau. Ada ruang publik seperti pusat permainan dan kuliner, mal, kondominium dan hotel. Semua akan dibangun dalam satu kawasan di atas areal 40 hektare,” papar Taufik.

Dia mengatakan untuk membangun Palu Bay Park dibutuhkan investasi yang tidak sedikit dan diperkirakan akan mencapai triliunan rupiah. Adapun terkait dengan proses reklamasi, pihaknya telah masuk dalam tahapan penyusunan kerangka acuan analisis mengenai dampak lingkungan (amdal) yang akan diseminarkan paling lambat 19 Oktober 2011.


Selain itu, upaya yang telah dilakukan perusahaan daerah (perusda) Kota Palu diantaranya menggelar sosialisasi terkait dengan rencana reklamasi tersebut dengan menghadirkan seluruh instansi terkait, tokoh masyarakat sekitar, dan lembaga swadaya masyarakat.
“Pada saat sosialisasi, kami memperlihatkan desain visual tata ruang yang sudah dikerjakan oleh tenaga profesional. Umumnya peserta sosialiasi meresponsnya dengan baik. Artinya, masyarakat kita mau menerima kemajuan kota ini,” ujar Taufik.

Sementara itu dalam rangka menimbun Teluk Palu sejauh 200 meter dari bibir pantai dan lebar 2 kilometer, proyek itu membutuhkan sekitar dua juta kubik material. Dan untuk itu perusda sudah mengalokasikan anggaran sekitar Rp100 miliar untuk reklamasi teluk Palu tersebut. “Anggaran untuk reklamasi ini murni anggaran dari Perusda sehingga tidak mengganggu APBD Kota Palu,” tegasnya
Dia menambahkan Palu Bay Park merupakan gagasan dari Wali Kota Palu Rusdy Mastura yang ingin memajukan Kota Palu sebagai kota terindah karena didukung oleh lima dimensi yakni teluk, lembah, sungai, gunung, dan bukit.

Hal itu yang kemudian membuat perusda memilih Teluk Palu sebagai pusat bisnis dan wisata karena teluk tersebut memiliki daya tarik yang besar dan strategis. “Teluk Palu memiliki potensi yang sangat tinggi, mengapa tidak kita manfaatkan potensi ini,” katanya. (roy)

http://www.bisnis-kti.com/index.php/2011/10/perusda-dorong-pembangunan-palu-bay-park/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar