yprsulteng.com

Rabu, 09 Februari 2011

CPM Tunda Mobilisasi Alat Hari ini

Penambang dan BATARA Siap Hadang CPM

PALU- Penambang yang di koordinir Barisan Pemuda Tara (BATARA) Mulai respons rencana PT CPM yang akan mulai melakukan mobilisasi peralatan bornya ke poboya, selasa (8/2) hari ini. Senin kemarin (7/2), sekitar pukul 10.30 wita, ratusan massa mulai berkumpul dan terkonsentrasi di dua titik, yakni dipertigaan jalan veteran depan kantor kelurahan lasoani, di sebelah selatan. Dan di sekitar lapangan sepak bola, di kelurahan poboya, palu timur, di sebelah utara. Massa membentangkan spanduk penolakan terhadap rencana kedatangan PT CPM di poboya.

“hari ini (kemarin,red) baru uji coba saja, belum banyak yang datang, besok (hari ini, red) mobilisasi massa akan lebih besar lagi. Kami siap menyambut, kalau CPM benar-benar mau angkut peralatannya ke Poboya” tegas Arsit, salah seorang aktivis BATARA,Kemarin(7/2).

Selain akan memobilisasi penambang dari lokasi tambagn, Arsit mengklaim juga mendapat dukungan massa dari kelurahan poboya dan kelurahan-kelurahan di sekitarnya. “kita lihat saja besok, kalau CPM tetap masuk kami ingin buktikan bahwa kami benar-benar melawan” tegasnya lagi.

Hal senada di ungkapkan Adjaliman, salah seorang tokoh masyarakat kelurahan poboya. Ia mengkalim penolakan atas rencana CPM melanjutkan tahapan eksplorasi sudah final dan sudah merupakan kesepkatan bersama antara msyarakat dan tokoh-tokoh adat di poboya.

“kami di poboya sudah sepakat untuk tidak menandatangani surat kesepakatan dengan CPM. Ini artinya, kami menolak. Setiap saat kami siap menyambutnya, kalau tetap memaksa masuk ke poboya tegasnya.

Humas CPM, Anas yang di konfirmasi menyatakan karena pertimbangan nonteknis, rencana mobilisasi peralatan bor ke poboya selasa (8/2) hari ini di tunda “melihat kondisi di masyarakat hari ini (kemarin,red) kemungkinannya mobilisasi alat ke poboyabesok (hari ini, red) di tunda” ujar Anas via handpone kemarin sore. Ia mengatakan penundaan ini semata-mata hanya persoalan nonteknis saja, dari segi teknis mobilisasi peralatan bor ke poboya itu sudah siap.” Kami tetap upayakan agar minggu ini mobilisasi alat ke poboya itu tetap bisa di lakukan” pungkasnya (ars).

Sumber : Radar Sulteng

Tidak ada komentar:

Posting Komentar